Welcome

Pages

Selasa, 27 September 2011

Tempat Wisata dan Keindahan Sumatera Barat


Sumatera Barat adalah kampung halamanku dan sebuah provinsi yang terletak di pesisir barat pulau sumatera, Indonesia dan merupakan provinsi terluas kesebelas di Indonesia dengan ibukota Padang.
Provinsi ini identik dengan kampung halamanMinangkabau,  dan pernah menjadi kawasan penghasil emas kemudian menjadi kawasan sentra produksi lada atau meri, serta memainkan peranan penting dalam perdagangan yang melibatkan para pedagang dari India, Cina, Arab, Portugis kemudian Inggris dan Belanda.
Di propinsi ini bisa kita temui hampir semua jenis objek wisata alam seperti laut, pantai, danau, gunung dan ngarai, selain objek wisata budaya. Akomodasi hotel sudah mulai banyak mulai dari kelas melati sampai bintang empat. Agen tour & travel di bawah keanggotaan ASITA Sumatera Barat sudah lebih dari 100 buah. Untuk melengkapi fasilitas penunjang pariwisata, pemerintah juga menyediakan kereta wisata yang beroperasi pada jam-jam tertentu.
Diantaranya:
Jembatan Akar di kecamatan Bayang
Rumah Gadang Mande Rubiah diLunang
Pulau Cingkuk dengan peninggalan Benteng Portugis dan Puncak Langkisau di Painan, kabupaten Pesisir Selatan
Danau Singkarak di kabupaten Tanah Datar, Danau Talang
Danau Maninjau dan Puncak Lawang Embum Pagi di kabupaten Agam, Lembah Anai
Danau kembar di kabupaten Solok, Panorama Ngarai Sianok

Benteng Fort de Kock
Jam Gadang di kota Bukittinggi
Pantai Air Manis
Pantai Muaro
Pantai Caroline
Pantai Gandoria di kota Pariaman
Goa Jepang, Bukittinggi
Ngarai, Bukittinggi
Transportasi udara dari dan ke Sumatera Barat saat ini melalui Bandar Udara Internasional Minangkabau (BIM). Bandar Udara kebanggaan masyarakat Sumatera Barat ini berada di kabupaten Padang Pariaman, lebih kurang 20 km dari pusat kotaPadang. Bandar Udara ini mulai aktif beroperasi pada akhir tahun 2005 menggantikan Bandar Udara Tabing
Transportasi darat untuk angkutan umum dikotaPadangberpusat di Terminal Bingkuang Air Pacah. Terminal ini melayani kendaraan umum antarkotaantar provinsi (AKAP) dan antarkotadalam provinsi (AKDP). Distribusi jalur antarkotadalam provinsi dari Terminal Bingkuang Air Pacah akan berakhir di terminal angkutan umum tiap kota atau kabupaten di Sumatera Barat. Sedangkan untukkotaBukittinggi berpusat di Terminal Aua Kuniang, untuk kotaPayakumbuh berpusat di Terminal Koto Nan Ampek, dan kotaSolok berpusat di Terminal Bareh Solok.
Untuk transportasi darat lainnya, kereta api masih digunakan untuk jalur darikota Padang sampai kekota Sawahlunto, yang melalui kotaPadangpanjang dankota Solok, pada jalur ini, kereta api dipergunakan sebagai sarana pengangkutan batubara. Selain itu darikotaPadangpanjang ini juga ada jalur kereta api menuju kekota Payakumbuh yang melewatikota Bukittinggi, namun sudah tidak aktif lagi. Sedangkan untuk jalur kereta api darikotaPadangmenujukota Pariaman, masih digunakan untuk angkutan penumpang.
Transportasi laut dari dan ke Sumatera Barat berpusat di Pelabuhan Teluk Bayur, kotaPadang. Sedangkan untuk jarak dekat terutama untuk kapal ukuran sedang berpusat di Pelabuhan Muara, pelabuhan ini antara lain juga melayani transportasi menuju ke kabupaten Kepulauan Mentawai dengan menggunakan kapal feri atau speed boat. Pelabuhan ini juga menjadi tempat bersandar kapal-kapal pesiar (yacht) dan kapal-kapal nelayan.
Bandar Udara Internasional Minangkabau (BIM)
KA
Aku Bangga Jadi Orang Sumatera Barat dan Aku Bangga Jadi Anak Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar